Tips Mengemudi Perjalanan Jauh Malam Hari

Mengemudi mobil
Mengemudi mobil saat malam hari memang memiliki sisi baik dan buruk, selai saat mengemudi malam hari kita tidak terlalu terjebak dalam kemacetan, mengemudi saat malam terkadang menjadi hal yag berbahaya dibanding mengemudi saat siang hari. Berikut ini iotomotif akan memberi beberapa tips safety driving mengemudi aman saat malam hari khususnya untuk perjalanan yang jauh.

Siapkan Kondisi Fisik

Sebelum melakuka perjalaan jauh saat malam hari, pastikan kodisi fisik anda terjaga dengan istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi pada siag harinya sebelum melakukan perjalanan.

Periksa Kondisi Mobil

Kondisi mobil pun perlu untuk diperhatikan, khususnya bagian penerangan atau lampu. pastikan lampu depan da kedua lampu rem beerja dengan baik. Selain itu saat mengemudi malam, lampu kabut harus dimatikan karena dapat menyilaukan pengendara lain di depan. Lampu kabut efektif jika digunakan saat kondisi berkabut.

Membawa Perlengkapan Darurat

Ada baiknya anda membawa perlengkapan darurat, khususnya perlengkapan standar mobil (alat dongkrak dll) dan perlengkapan tambahan seperti Kabel jumper atau baterai pengisian darurat, Selimut, Plastik terpal, Tool kit sederhana, Ban serep, Makanan ringan, P3K pertolongan pertama pada kecelakaan, Senter

Memanfaatkan Perangkat Teknologi

Anda dapat memanfaatkan perangkat teknologi canggih dalam perjalanan anda di malam hari, misalnya GPS atau ponsel untuk mencega anda tersesat di jalan.

Menghindari Cahaya Lampu Menyilaukan

Biasanya terjadi saat malam hari saat mobil berpapasan. Jika mobil dari arah berlawanan memancarkan cahaya lampu yang menyilaukan usahakan mata jangan menatap langsung, menghindar dengan menatap ke bawah dan kurangi kecepatan sehingga mobil itu lewat.

Jika cahaya datangnya dari arah belakang, atur kaca spion agar cahaya tidak memantulkan cahaya langsung ke mata.

Tetap Waspada

Mengendarai mobil malam hari memang menyenangkan, karena kita dapat terhindar dari macet dan jalan pun relatif sepi dari kendaraan pribadi. Namun pada saat malam hari, kendaraan kendaraan besar seperti bus malam dan truk-truk dan kontainer besar biasa lalu lalang saat malam hari khususnya di jalur utama.

Penelitian telah menunjukkan lonjakan jumlah kecelakaan mobil kira-kira bertepatan di pagi hari, ketika kebanyakan orang sedang tidur. Jadi sebelum mengemudi di malam hari, hindari minum obat yang membuat Anda mengantuk. Makanan yang dimakan harus yang tinggi protein daripada karbohidratnya, yang lebih mungkin untuk membuat Anda mengantuk.

Beberapa orang menghindari kopi dan produk kafein lainnya karena kesehatan. Tapi penelitian menunjukkan bahwa minum dua cangkir kopi dapat mencegah ngantuk sampai satu jam.

Tinggalkan jempol anda untuk tetap update bersama Iniloh.net






Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...