Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Fit Saat Berpuasa

Disamping olahraga yang pas saat puasa, beragam tis seputar puasa Ramadhan kali ini ada baiknya kita pelajari agar disamping puasa itu sendiri membawa berkah, juga menyehatkan badan.

Dalam keadaan berpuasa, tidak ada makanan termasuk glukosa yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu, untuk mempertahankan kadar glukosa darah perlu mengambil cadangan glukosa yang terdapat di hepar dengan cara mengubah glikogen menjadi glukosa darah.

tips seputar puasa ramadhan 2012, kegiatan saat berpuasa sebulan peniuh, cara menjaga kesehatan saat berpuasa sebulan penuh
Glikogen hepar ini, menurut penelitian ternyata hanya cukup memenuhi kebutuhan lebih kurang 12-16 jam. Setelah glikogen dari hepar habis, sumber glukosa darah adalah pemecahan asam lemak bebas dari organ-organ lain.

Tetap bergiat selama puasa asal tidak berlebihan sangat dianjurkan. Hal tersebut untuk merangsang keluarnya hormon antiinsulin yang berfungsi melepaskan gula darah dari "gudangnya".

Kalau Anda bermalas-malasan selagi berpuasa, atau terlalu banyak tidur, maka tubuh Anda makin kurang energi alias tak bertenaga. Itu semua karena kadar gula dibiarkan menurun secara drastis.

Maka untuk tetap segar di bulan puasa, dianjurkan untuk membekali tubuh dengan makanan yang mengandung vitamin dan mineral, yang banyak terdapat pada sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kangkung.

Untuk menjaga vitalitas tubuh Saat sahur sebaiknya mengkonsumsi madu atau royal jeli. Selain itu tentu saja untuk memperlancar peredaran darah, konsumsi air putih juga harus tetap di jaga minimal 2 liter sehari. Air yang cukup dalam tubuh akan mencegah bibir kering atau pecah-pecah.


Untuk menjaga kelembaban tubuh saat berbuka maupun sahur dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan segar yang mengandung vitamin C dan E. Kurangnya cairan dan vitamin yang dibutuhkan tubuh akan menjadikan kelembaban kulit berkurang.

Sedapat mungkin hindari makanan yang digoreng dan berlemak, karena makanan yang digoreng dan berlemak membuat sistem pencernaan bekerja ekstra keras untuk mencerna. Energi yang harusnya bisa digunakan sampai sore harus dikurang oleh kerja sistem pencernaan yang berlebih. Mengindari gorengan dan makanan berlemak juga bagus untuk penderita maag yang berpuasa, dengan begitu tak perlua termakan oleh iklan.

Makanan yang kandungan gulanya terlalu banyak sebaiknya juga dihindari. Misalnya, makan nasi berlebihan hanya akan membuat cepat lapar. Terlalu banyak teh selama sahur akan membuat sering buang air kecil yang juga turut membawa garam-garam mineral bermanfaat yang akan dibutuhkan tubuh sepanjang hari puasa.

Semoga bermanfaat, selamat menjalankan ibadah puasa dengan tetap semangat.
Sumber: Inilah.com

Tinggalkan jempol anda untuk tetap update bersama Iniloh.net






Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...